Kamis, 03 Juni 2010

MUSEUM HARRY DARSONO BERGAYA BAROQUE





Menengok Musium Harry Darsono yang terletak di kawasan Cilandak Tengah, dekat dengan Cilandak Town Square (Citos), Jakarta, serasa melihat karya adibusana. Disana akan terlihat ciptaan perancang busana Harry Darsono dalam pelbagai media mulai dari kain, sepatu, keramik hingga sulaman kontemporer.
Dibutuhkan waktu lima tahun untuk mewujudkan mimpinya, dari sebuah sketsa yang digarapnya dalam beberapa menit ketika berusia 14 tahun. Dari luarnya terlihat bangunan berdiri kokokh bergaya Eropah. bahkan bangunan ini terlihat ketika memasuki jalan Cilandak Tengah.
Beberapa langkah setelah masuk kedalam, kita akan disuguhi kumpulan karya Harry Darsono sejak tahun 1970-an.Mulai dari karya adi busana ,koleksi art to wear, kostum panggung dari beberapa pergelaran yang pernah diikutinya, seperti pementasan Hamlet & Othello di Inggris, Julius Caesar di Jakarta dan lain-lainnya.Selain itu ada pula baju dan gaun pengantin dengan sulaman emas murni yang pernah dipesan oleh wanita-wanita bangsawan dunia, seperti rancangan khusus untuk Lady Diana yang dibuatnya pada 1980 dan rancangan untuk Ratu Rania, Ratu Yordania.Di dalam museum, selain baju, Anda juga dapat menikmati keindahan sketsa Harry yang ia kumpulkan. Sebut saja sketsa arsitektur, mobil, bahkan panggung. Ruang makannya juga sangat megah, didominasi warna kuning keemasan. Di sinilah Anda bisa menyaksikan langsung kepiawaian Harry dalam melukis. Di sana terbingkai lukisan besar ala Leonardo Da Vinci yang memenuhi ruangan.


Janjian
Berbeda dengan musium lainnya yang begitu gampang untuk melihat koleksinya, di Musium Harry Darsono ini harus reservasi lebih dahulu. Hal ini untuk menjaga koleksi pribadinya tersebut. Namun pengunjung dapat mencoba beberapa koleksi yang ada dimusium tersebut. Agar tak merasa bosan, setiap beberapa bulan sekali, koleksi musium dirotasi dan diganti dengan koleksi yang lain. Jadi museum Harry Darsono merupakan alternatif melihat sebuah museum




MUSEUM HARRY DARSONO
Jl. Cilandak Tengah No. 71, Jakarta Selatan
Telp: (021) 766 8553
Jam buka: Senin-Sabtu, pukul 10.00 – 12.30 (harus dengan reservasi)



Baca juga : www.duniajalanjalan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar