Kamis, 03 Juni 2010

MELIHAT MUSEUM BANK DI PURWOKERTO




Walau kota kecil, namun Purwokerto tetap menarik untuk dikunjungi. Selain makanan daerahnya yang unik, seperti yang diceritakan terdahulu, kini mendatangi beberapa tempat yang menarik. Salah satunya Museum Bank Bank BRI. Museum ini terletak di sudut perempatan DI kawasan jalan utama Purwokerto. Kenapa dinamakan Museum Bank BRI?
Karena tempat ini merupakan cikal bakal BRI (Bank Rakyat Indonesia), yang kini hanya disingkat BRI. Sebelum jadi BRI, namanya De Purwakertosche Hulp-en Spaar Bank der Inlandsche Bestuur Ambtenaren atau bahasa Indonesianya Bank Priyayi. Dari kantor kecil ini kemudian berkembang dan terus berkembang dan hingga kini salah satu bank terbesar di Indonesia.Tempat ini didirikan oleh Patih Aria Wirjaatmadja pada tanggal 16 Desember 1895, dan kemudian museumnya diresmikan tanggal 19 Desember 1990.

Museum ini sendiri terdiri dari dua lantai. Lantai pertama atau lantai dasar, dapat disaksikan pelbagai sarana perbankan dari jamman ke jaman. Sedangkan di lantai dua terdapat koleksi mata uang dari pelbagai jaman.

Sebenarnya di Purwokerto, selain Museum Bank, juga ada museum Jendral Soedirman dan Museum Wayang.

Wisata Reptil

Setelah dari puas di Purwokerto, kita bisa mengunjungi Purbalingga. Perjalanannya hanya 30 menit, namun kota Purbalingga memberikan suasana lain. Disini ada beberapa tempat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya obyek wisata Owabong, yang terletak di Jalan Raya Owang 1. Dengan biaya Rp 10.000 - Rp 15.000, bisa menikmati wisata air, mulai dari Kolam arus hingga miniatur Pantai bebas Tsunami.Setelah puas bermain air, kita bisa mengunjungi Reptile & Insect Park atau Museum Reptil dan Serangga. Taman yang luasnya 6 hektar ini dipenuhi dengan beragam reptile dan aneka serangga. bahkan juga ada 841 species serangga. Koleksi aneka jenis kupu-kupu juga sangat lengkap dan menjadi daya tarik lain taman reptile.

Pokoknya Jalan -jalan ke Purwokerto dan Purbalingga mempunyai kenangan tersendiri.


Lihat juga : www.duniajalanjalan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar